Beranda | Artikel
Tafsir Surat Al-Ghasyiyah - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Selasa, 4 Agustus 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Tafsir Surat Al-Ghasyiyah – Tafsir Juz ‘Amma


[sc:status-tafsir-al-muyassar-ustadz-badrusalam-2013]

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Al-Ghasyiyah (88)

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, bahwa pada ceramah ini disampaian tafsir dari Surat Al-Ghasyiyah dan untuk dapat membantu Anda mengikuti pengajiannya, berikut kami sertakan ayat-ayat dari surat tersebut.

Surat Al-Ghasyiyah (88): 1-26

هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ (١) وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ خَاشِعَةٌ (٢) عَامِلَةٌ نَّاصِبَةٌ (٣) تَصْلَىٰ نَارًا حَامِيَةً (٤) تُسْقَىٰ مِنْ عَيْنٍ آنِيَةٍ (٥) لَّيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلَّا مِن ضَرِيعٍ (٦) لَّا يُسْمِنُ وَلَا يُغْنِي مِن جُوعٍ (٧) وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَّاعِمَةٌ (٨) لِّسَعْيِهَا رَاضِيَةٌ (٩) فِي جَنَّةٍ عَالِيَةٍ (١٠) لَّا تَسْمَعُ فِيهَا لَاغِيَةً (١١) فِيهَا عَيْنٌ جَارِيَةٌ (١٢) فِيهَا سُرُرٌ مَّرْفُوعَةٌ (١٣) وَأَكْوَابٌ مَّوْضُوعَةٌ (١٤) وَنَمَارِقُ مَصْفُوفَةٌ (١٥) وَزَرَابِيُّ مَبْثُوثَةٌ (١٦) أَفَلَا يَنظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ (١٧) وَإِلَى السَّمَاءِ كَيْفَ رُفِعَتْ (١٨) وَإِلَى الْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْ (١٩) وَإِلَى الْأَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ (٢٠) فَذَكِّرْ إِنَّمَا أَنتَ مُذَكِّرٌ (٢١) لَّسْتَ عَلَيْهِم بِمُصَيْطِرٍ (٢٢) إِلَّا مَن تَوَلَّىٰ وَكَفَرَ (٢٣) فَيُعَذِّبُهُ اللَّهُ الْعَذَابَ الْأَكْبَرَ (٢٤) إِنَّ إِلَيْنَا إِيَابَهُمْ (٢٥) ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا حِسَابَهُم (٢٦)

“Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan?(1) Banyak muka pada hari itu tunduk terhina,(2) bekerja keras lagi kepayahan,(3) memasuki api yang sangat panas (neraka),(4) diberi minum (dengan air) dari sumber yang sangat panas.(5) Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri,(6) yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.(7) Banyak muka pada hari itu berseri-seri,(8) merasa senang karena usahanya,(9) dalam surga yang tinggi,(10) tidak kamu dengar di dalamnya perkataan yang tidak berguna.(11) Di dalamnya ada mata air yang mengalir.(12) Di dalamnya ada tahta-tahta yang ditinggikan,(13) dan gelas-gelas yang terletak (di dekatnya),(14) dan bantal-bantal sandaran yang tersusun,(15) dan permadani-permadani yang terhampar.(16) Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimana dia diciptakan?(17) Dan langit, bagaimana ia ditinggikan?(18) Dan gunung-gunung, bagaimana ia ditegakkan?(19) Dan bumi, bagaimana ia dihamparkan?(20) Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan.(21) Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka,(22) tetapi orang yang berpaling dan kafir,(23) maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar.(24) Sesungguhnya kepada Kami-lah kembali mereka,(25) kemudian sesungguhnya kewajiban Kami-lah menghisab mereka.(26)” (QS Al-Ghasyiyah [88]: 1-26)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-Ghasyiyah

Tafsir Surat Al-Ghasyiyah

هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ (الغاشية: ١)

“Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) al-ghaasyiyah?” (QS Al-Ghasyiyah [88]: 1)

Al-Ghasyiyah yaitu salah satu nama dari nama-nama hari kiamat, karena nama-nama hari kiamat banyak. Di antara nama hari kiamat itu al-ghaasyiyah. Kenapa disebut dengan al-ghasyiyah? Karena seluruh manusia akan mengalaminya. Hari kiamat pasti akan mengalami dan dialami oleh seluruh makhluk yang ada di langit dan di bumi.

Ibnu Abi Hatim berkata:

حدثنا أبي ، حدثنا علي بن محمد الطنافسي ، حدثنا أبو بكر بن عياش ، عن أبي إسحاق ، عن عمرو بن ميمون قال : مر النبي – صلى الله عليه وسلم – على امرأة تقرأ : ( هل أتاك حديث الغاشية ) فقام يستمع ويقول : ” نعم ، قد جاءني

“Dari bapakku, dari Ali bin Muhammad Ath-Thanaqisi, dari Abu Bakar bin ‘Iyyasy, dari Abu Ishaq, dari ‘Ammar bin Maimun, ia berkata, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melewati seorang wanita dalam keadaan wanita itu membaca ayat ini: “Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan? (QS Al-Ghasyiyah [88]: 1)” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun berdiri dan mendengarkannya, lalu beliau bersabda, “Ya, telah datang kepadaku tentang berita hari kiamat itu.”

Pembahasan tentang hari kiamat tentu menjadi salah satu tema yang sangat menarik untuk disimak dan dikaji. Ayo download rekaman kajian tafsir Surat Al-Ghasyiyah ini untuk merenungkan betapa dahsyat hari kiamat itu. Dan semoga dengan menghayatinya, Allah menjadikan kita termasuk hamba-hamba yang beruntung di akhirat kelak, Aamiin.

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an: Tafsir Surat Al-Ghasyiyah

Mari share ke Facebook, Twitter, dan Google+.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15204-tafsir-surat-al-ghasyiyah-kitab-tafsir-al-muyassar-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/